Thursday, January 7, 2016

Protein

ASSALAMUALAIKUM
ZiandShare, Protein adalah suatu senyawa yang tersusun atas unsur-unsur C,H,N,S dan P dan dibangun oleh ikatan rantai polipeptida yang setiap mata rantainya mengandung asam amino yang berbeda-beda jenisnya. Asam amino dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Asam amino esensial atau disebut juga asam amino utama karena sangat diperlukan oleh tubuh tetapi harus didatangkan dari luar tubuh manusia, terdiri atas 10 macam yaitu : triptofan,fenilalalin,leusin,isoleusin,treonin,netionin,metionin,valin,arginin dan lisin.
Asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat disintesa oleh tubuh sendiri,terdiri atas : alain,sistein,glisin,prolin,dan tirosin.
Mutu protein dapat dinilai dari perbandingan asam-asam amino yang terkandung dalam protein tersebut. Pada prinsipnya suatu protein yang dapat menyediakan asam amino essensial dalam suatu perbandingan yang menyamai kebutuhan manusia memiliki mutu yang tinggi.
Sumber-sumber protein di dalam berasal dari hewan seperti telur,susu dan ikan serta berasal dari tumbuhan antara lain kedelai dan kacang tanah.
Fungsi Protein bagi tubuh manusia adalah :
  • Mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh.
  • Mengganti sel-sel yang telah rusak.
  • Membentuk zat pengatur seperti enzim dan hormon.
  • Sebagai sumber energi setiap 1 gram protein mempunyai nilai energi kira-kira 4 kalori.
 
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG