Thursday, January 7, 2016

Penyakit HIV(Human Immunodeficiency Virus)


ASSALAMUALAIKUM
HIV Penyakit yang menyerang manusia,untuk dapat berada dalam tubuh manusia, HIV harus masuk langsung ke aliran darah orang yang bersangkutan. Di luar tubuh manusia, HIV sangat cepat mati. HIV mudah mati oleh air panas,sabun dan bahan pencuci hama lain.

Karena HIV cepat mati diuar tubuh manusia, HIV tidak dapat menular lewat udara seperti virus lain,misalnya influenza. Dalam tubuh manusia, HIV hanya bersarang pada sel darah putih tertentu, yang disebut sel t4 yang terdapat pada cairan-cairan tubuh. Oleh karena itu, HIVdapat ditemukan terutama dalam cairan-cairan tubuh,yaitu darah,air mani,dan cairan vagina. Penularan terjadi lewat salah satu atau lebih cairan tubuh itu dan masuk kealiran darah seseorang.
Orang yang mengidap HIV dalam tubuhnya disebut HIV positif. Ia belum menunjukka gejala apapun,sehingga secara fisik tidak beda dengan orang lain yang sehat. Namun ia mempunyai potensi sebagai sumber penularan,artinya dapat menularkan virus itu kepada orang lain.
Untuk mengetahui apakah seseorang terpapar HIV dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel darahnya. Akan tetapi, hal itu baru dapat dilakukan paling sedikit 3 bulan setelah orang itu terpapar HIV sehingga besar kemungkinan selama masa itu ia telah menularkannya kepada orang lain.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG