Thursday, January 7, 2016

Penyakit AIDS(Acquired Immune Deficiency Syndrome)

ASSALAMUALAIKUM

ZiandShare,Setelah 5-10 tahun tertular HIV ,penderita mulai menunjukkan gejala bermacam-macam penyakit yang muncul karena rendahnya daya tahan tubuh. Barulah ia menderita penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).
Syndrome adalah gejala, immune berarti kekebalan, sedangkan acquired berarti diperoleh/didapat. AIDS bukan penyakit keturunan,tetapi didapat karena terinfeksi HIV. AIDS adalah kumpulan tanda dan gejala penyakit akibat hilangnya atau menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam tubuh manusia sel-sel darah berfungsi melawan dan membunuh kuman atau bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jika seorang mengidap HIV maka virus ini menghancurkan sel-sel darah putih. Ia tidak mampu lagi melawan kuman penyakit dan mudah terserang infeksi penyakit lain.


Penyakit ringan seperti influenza, misalnya yang pada orang sehat dapat sembuh dalam waktu beberapa hari,bagi pengidap HIV dan penderita AIDS, akan menetap dalam waktu lama,bahkan semakin parah. Ia dapat meninggal karena penyakit infeksi lain yang sulit disembuhkan.
Dari perjalanan HIV menjadi AIDS terdapat lima tahapan penyakit,sebagai berikut :

  1. Tahap awal infeksi HIV : gejalanya mirip influenza (demam,rasa lemah,lesu,sendi terasa nyeri,batuk ,nyeri tenggorokan, dan pembesaran kelenjar). Gejala ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu saja,lalu hilang dengan sendirinya.Tapi gejala tersebut bisa disebabkan oleh penyakit selain HIV. Kondisi ini tidak semata-mata karena terinfeksi HIV.
  2. Tahap tanpa gejala : meskipun ia tidak menunjukkan gejala,tetapi pada tes darah ditemukan antibodi HIV dan disebut HIV+. Masa ini dapat berlangsung bertahun-tahun(5-8 tahun).
  3. Tahap AIDS Related Complexs : muncul gejala-gejala AIDS. ARC adalah istilah bila didapati dua atau lebih gejala yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih, yaitu demam disertai keringat malam, penurunan berat badan lebih dari 10% dalam tiga bulan, kelemahan tubuh yang mengganggu aktivitas sehari-hari, pembesaran kelenjar secar lebih luas, diare(menceret) berkala atau terus-menerus dalam waktu lama tanap sebab yang jelas, batuk dan sesak napas lebh dari 1 bulan, kulit gatal dan bercak merah kebiruan, sakit tenggorokan dan pendarahan yang tak jelas sebabnya.
  4. Tahap AIDS : muncul infeksi lain yang berbahaya (TBC,JAMUR,dll) karena kekebalan tubuh telah demikian rusak, disebut infeksi oportunistik. Disamping itu dapat terjadi kanker kulit dan kanker kelenjar getah bening.
  5. Tahap gangguan otak/susunan syaraf pusat :dapat mengakibatkan kematian sel otak dan gangguan mental. Gangguan mental yang terjadi dapat berupa demensia(gangguan daya ingat), penurunan kesadaran ,gangguan psikotik, depresi dan gangguan syaraf.
 
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG